11 Jenis pakaian wanita muslimah

Jenis pakaian wanita muslimah
Jenis pakaian wanita muslimah

Jenis pakaian wanita muslimah

 Islam sangat mencermati soal busana umatnya, pria serta wanita mempunyai ketentuan tertentu. 


Busana para pemeluk agama Islam pasti wajib hukumnya menutupi aurat, laki- laki serta perempuan dalam Islam mempunyai batas aurat yang berbeda. 


Tetapi soal tipe serta modelnya dibebaskan asalkan masih normal serta tidak kelewatan maupun bermewah- mewah.


Buat baju perempuan, bisa jadi sangat populer di Indonesia merupakan jilbab. Mulai dari anak wanita sampai perempuan tua memakai tipe busana muslim satu ini. 


Tetapi sesungguhnya terdapat banyak sekali tipe– tipe baju yang lain yang kerap dipakai perempuan muslimah yang lain tetapi lebih kerap dikenakan oleh perempuan muslim diluar Indonesia semacam nikab serta burqa.


Berikut ini sebagian tipe busana muslim perempuan yang biasa digunakan oleh muslimah dari bermacam negeri.

1. Jenis baju wanita muslim


jenis baju wanita muslim
jenis baju wanita muslim


Hijab



 Kerudung adalah : bisa jadi sangat populer di Indonesia, apalagi di dunia. Jilbab ini umumnya berbentuk kain persegi ataupun persegi panjang dilipatkan kemudian dipakai buat menutupi rambut serta kepala.


Konsumsinya bergantung pada style serta tempat, modelnya juga bermacam- macam. Tetapi jilbab syar’ i umumnya lebih panjang.



2. jenis jenis baju muslim wanita


jenis jenis baju muslim wanita
jenis jenis baju muslim wanita



khimar


 Khimar adalah: sebutan normalnya dipakai untuk penutup kepala seseorang perempuan. Khimar terjulur buat menutupi bagian atas dari badan perempuan sampai ke pinggang.


3. Jenis pakaian muslim wanita


jenis pakaian muslim wanita
jenis pakaian muslim wanita


Abaya


 Abaya ialah : salah satu busana tradisi dari perempuan- perempuan di negara- negara Timur Tengah. 


Busana Abaya ini pada dasarkan baju luaran, ataupun juga di atas baju yang lain.


Abaya baju wanita muslimah memanglah buat menutupi aurat cocok sebagai syariat agama Islam.


Abaya nampak semacam jubah buat para perempuan umumnya dikenakan di luar baju yang lain dikala terletak di depan keseluruhan.


Abaya biasa dibuat dari serat sintetis gelap tetapi terkadang pula dihiasi dengan sebagian bordir ataupun manik- manik selaku hiasan.


Pemakaian abaya umumnya dikombinasikan dengan kerudung ataupun tudung. Busana muslimah satu ini banyak dipakai oleh wanita- wanita dari Teluk Persia.


4. Jenis busana muslim wanita


jenis busana muslim wanita
jenis busana muslim wanita


chador


 Cadar( tudung jamak) Suatu jubah longgar, dibuat dari kain tunggal, dipakai selaku kepala campuran penutup, hijab serta selendang oleh wanita Muslim. 


Cadar Ialah : jubah dipakai buat menutupi badan perempuan mulai dari atas kepala sampai kebawah. Umumnya chador ini dipakai para perempuan di Iran tanpa bertudung.


5. Macam baju muslim wanita




Jilbab


 Jilbab : Merupakan busana muslim terusan panjang menutupi segala tubuh kecuali tangan, kaki serta wajah yang biasa dikenakan oleh para perempuan muslim.


Pemakaian tipe baju ini terpaut dengan tuntunan syariat Islam buat memakai baju yang menutup aurat ataupun diketahui dengan sebutan jilbab.


Hijab agak mirip dengan abaya tetapi mempunyai perbandingan pada kainnya yang sangat panjang serta dapat menutupi badan perempuan dari kepala sampai bawah.


6. Macam macam pakaian muslimah


macam macam pakaian muslimah
macam macam pakaian muslimah



Niqab


 Niqab Merupakan tipe penutup kepala muslimah yang dilengkapi dengan tudung. Tidak hanya menutup kepala sampai dada, niqab tudung hendak menutupi sebagian wajah kecuali mata.


Panjang Niqab sampai pinggang. Biasanya dikenakan oleh wanita2 di arab.


Nikab ialah: sebuah tudung, umumnya dipakai oleh sebagian perempuan muslim buat menutupi bagian mukanya. Kerap digunakan bersama abaya


7. Macam macam pakaian muslimah


macam macam busana muslim wanita
macam macam busana muslim wanita



Burqa


 Burqa: ( pula ditulis burka ataupun burqua)( bahasa Arab:برقعة, burqʿah) merupakan suatu baju yang menutupi segala badan, dikenakan oleh sebagian wanita Muslim di Afganistan, Pakistan, serta India utara.


Sekarang baju ini tidak sering nampak dikenakan di luar Afganistan. Burqa dikenakan menutupi baju tiap hari( kerapkali baju panjang ataupun salwar kameez) serta dilepaskan kala sang wanita kembali ke rumahnya ke tengah keluarganya.


Saat sebelum Taliban merebut kekuasaan di Afganistan, baju ini tidak sering dikenakan di kota- kota.


Pada masa pemerintahan Taliban, kalangan wanita diharuskan menggunakan burqa tiap kali mereka tampak di tempat umum. 


Baju ini tidak diharuskan oleh rezim Afganistan saat ini, namun dalam kondisi yang serba tidak tentu sekarang, banyak wanita memilah menggunakan burqa buat kenyamanan.


Sejenis hijab yang menutupi nyaris segala badan perempuan hanya terlihat bagian mata saja.


8. macam macam baju muslim wanita


macam macam baju muslim wanita
macam macam baju muslim wanita



Shalwar


 Shalwar kameez : ( dieja serta dibaca shalwar khamis ataupun shalwar qomiz) atau juga diketahui selaku Pakaian Pakistan merupakan baju tradisional dipakai oleh laki- laki serta perempuan di wilayah Asia Selatan bagian utara serta Asia Tengah, tercantum negara- negara semacam: Afghanistan, Pakistan, serta India Utara. 

Baca artikel rekomendasi kami:
Baju ini awal mulanya dipakai di Afghanistan serta Punjabi( Pakistan serta India Utara). Dalam satu abad terakhir, para wanita di India Utara memakai baju ini selaku aksesoris sar'i.


Buat pemakai laki- laki, perihal identik dengan baju ini ialah pakaian bertabiat panjang kebawah sampai setara dengan lutut dan celana bertabiat gombrong serta panjang.


Baju ini sangat khas serta identik dengan ciri orang asal Afghanistan serta Pakistan, biasanya pemakai merupakan laki- laki.

9. Macam macam baju muslim wanita terbaru


macam macam baju muslim wanita terbaru
macam macam baju muslim wanita terbaru

Gamis


 Gamis menurut wikipedia: merupakan sejenis baju kurung dominan digunakan di Timur Tengah dan negara-negara Islam. 


Baju ini di Arab disebut dengan Tsaub (bahasa Arab: ثَوب / tsawb), disydasya (دِشداشَة / disydāsyah), kandurah (كَندورَة / kandūrah), juga khomis (bahasa Somali: khamiis / khamīs) di Somalia.stilah Gamis berasal dari kata Khomis.


Bentuknya berupa baju kurung sepanjang mata kaki, umumnya dengan lengan panjang, serupa dengan Jubah, Kaftan atau Tunik


Gamis sering kali dipadukan dengan Izaar (sarung) atau Bantholun(celana pantalon) di bagian dalamnya. 


Kadang digunakan bersama Bisyt (mantel) berwarna gelap.


10. Macam macam busana wanita muslim

macam macam busana wanita muslim
macam macam busana wanita muslim


Kaftan

 Kaftan mempunyai kisah panjang sampai menjadi busana remaja kekinian.


Biasanya busana berasal dari Persia ini di pakai ketika pesta tertentu saja, misalnya kondangan, reuni, atau acara formal lain.


Sekarang kaftan hadir dalam berbagai model, tak ketinggalan zaman, sehingga fleksibel digunakan pada segala moment prsta.


11. Tunik

tunik
Tunik



 Jenis pakaian wanita muslimah yang terakhir ada Tunik, sekarang banyak sekali jenis Tunik, bisa dipilih sesuai dengan keinginan.


Mulai dari model simpel dan sederhana hingga model yang lebih mewah dan elegan.

Dan saran aja pilihlah yang model syar'i, agar sesuai syariat islam semoga kita selalu dilindungi dan di jauhkan dari api neraka amin.

Saya ucapkan terimakasih sudah selesai membaca: Jenis pakaian wanita muslimah.
LihatTutupKomentar